1. Uraikan Komponen-Komponen :
a. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
b. Perancangan Sistem Penjualan Online
c. Perancangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Android
2. Sebutkan data-data apa saja yang digunakan dan sebutkan informasi-informasi apa saja yang diahasilkan dari :
a. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
b. Perancangan Sistem Penjualan Online
c. Perancangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Android
3. Berikan 1 Contoh Implementasi Sistem :
a. Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
b. Perancangan Sistem Penjualan Online
c. Perancangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Android
Jawaban
1. a. Komponen Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web
1. Hardware
Media input : Keyboard, Mouse
Media Proses : Prosesor, Motherboard, Kartu Grafis (VGA), RAM, PSU
Media Output : Monitor, Printer, Speaker
Media Simpanan Luar : Harddisk, Flashdisk
2. Software
Sistem Operasi : Microsoft Windows
Bahasa Pemrograman : php, html, css, javascript, SQL
Paket Aplikasi : Xampp, MySQL, Php designer
3. Database
Nama File :
a) Calon Mahasiswa.
b) Mahasiswa.
c) Dosen.
d) Admin.
e) Pegawai.
f) Jadwal KBM.
g) Pembayaran Kuliah.
h) Penggajian.
4. Prosedur
a) Prosedur Pendaftaran Calon Mahasiswa Berbasis Online.
b) Prosedur Daftar Ulang Mahasiswa Berbasis Online.
c) Prosedur Penjadwalan Kuliah.
d) Prosedur KBM.
e) Prosedur Pengolahan Data Nilai.
f) Prosedur Pembayaran Kuliah.
g) Prosedur Penggajian.
h) Prosedur Pembuatan Laporan.
5. Petugas Pengoperasian & pengguna
Admin perdivisi.
6. Pengelolaan S.I.
Decentralized
b. Komponen Perancangan Sistem Penjualan Online
1. Spesifikasi Hardware
Sistemtersebut menggunakan 1 unit komputer PC dengan spesifikasi sebagai berikut :
a. Processor : Intel Pentium P6200
b. Monitor : LCD 14”
c. RAM : 1 GB
d. Hard Disk : 320 GB HDD
e. Keyboard : Standar Printer : Deskjet
2. Spesifikasi Softaware
a. Microsoft Windows 7
b. Microsoft Office 2007
c. Data base : SQL server 3. Hak akses (Brainware)
Untukmengoperasikan atau mengolah data hanya dapat dilakukan ole
administrasiPersonalia dan HRD atau department terkait terhadap data ini.
C. Komponen Perancangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Android
1. Software (Sistem Informasi Manajeman Rumah Sakit)
2. Hardware (Perangkat Kerasa berupa Komputer, printer dan lainnya)
3. Networking (Jaringan LAN, Wireless dan lainnya)
4. SOP (Standar Operasional Prosedur)
5. Komitment (Komitmen semua unit/instalasi yang terkait untuk sama-sama mejalankan system karena system tidak akan berjalan tanpa di Input)
6. SDM (sumberdaya manusia adalah factor utama suksesnya sebuah system dimana data diinput dan di proses melalui tenaga-tenaga SMD tersebut)
2. Sebutkan data-data apa saja yang di butuhkan dan sebutkan informasi apa saja yang diahasilkan dari :
A. Sistem informasi Akademik
Data yang dibutuhkan :
1. Data Program Studi
2. Data Dosen
3. Data Mahasisa
4. Data Kurikulum dan Kalender Akademik
5. Data Mata Kuliah disetiap Kurikulum
6. Data Nilai
7. Data Keuangan dan Administrasi Mahasiswa
Informasi yang dihasilkan :
1. Absensi Mahasiswa
2. Kartu Rencana Studi (KRS)
3. Kartu Hasil Studi (KHS)
4. Transkrip Nilai
B. Sistem informasi penjualan online
Data yang digunakan :
1. Purchase Order (PO) Supplier
2. Purchase Order Pembeli
3. Invoice dan pembayaran
4. Surat Jalan
Informasi yang dihasilkan :
1. Laporan stock barang
2. Laporan hasil order barang
3. Laporan penjualan
4. Laporan data customer dan alamat pengiriman.
C. Siatem informasi pelayanan pasien pada Rumah Sakit
Data yang dibutuhkan :
1. Data Pasien ( pasien baru dan lama) (rawat inap dan rawat jalan)
2. Data Dokter
3. Data Obat
4. Data Ruangan
5. Data Peralatan Medis
Informasi yang dihasilkan terdiri dari:
1. Laporan pasien rawat jalan, rawat inap dan MCU (Medical Chek Up)
2. Laporan dan pengolahan data sosial pasien
3. Laporan nama dan jumlah obat yang dikomsumsi per pasien rawat inap.
4. Laporan total biaya obat dan biaya inap per pasien rawat inap.
5. Laporan pemakaian obat
6. Laporan hasil medis (diagnosa, tindakan dan terapi)
7. Laporan internal (pada pihak manajemen)
3. Berikan 1 contoh Implementasi Sistem :
a. Sistem Informasi Akademik berbasis web
Sistem Informasi Akademik Kampus - Online
User yang ada diantaranya adalah:
- Super administrator
- Administrator
- Keuangan (pengelola data keuangan)
- PRODI (pengelola data Program Studi)
- Mahasiswa (dapat mengakses informasi yang berhubungan langsung dengan mahasiswa)
- Dosen (dapat mengelola informasi seputar akademik dosen)
- Dosen Wali (mengelola mahasiswa yang dibimbingnya)
- Ketua (dapat melihat informasi-informasi yang dibutuhkan oleh ketua atau pimpinan Perguruan Tinggi)
Adapun fasilitas dan juga fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:
1. Key-in KRS
Mahasiswa ataupun administrator dapat menginputkan daftar matakuliah yang akan diambil oleh mahasiswa pada semester yang akan berjalan.
Fitur KeyIn Kartu Rencana Studi Mahasiswa
2. KHS dan Transkrip
Pada akhir semester, mahasiswa dapat melihat nilainya dengan mengakses fitur KHS dan juga Transkrip nilai.
Selain itu, sistem ini dapat mengirimkan nilai hasil belajar ke HP mahasiswa yang telah didaftarkan.
Fitur Kartu Rencana Studi Mahasiswa
Fitur transkrip nilai permahasiswa
3. Pembagian Kelas Mahasiswa
Sistem akademik online ini menyediakan fasilitas untuk penentuan kelas mahasiswa. Ini digunakan salah satunya untuk pembuatan jadwal.
Fitur pembuatan presensi dan penentuan kelas
4. Pengaktifan Mahasiswa Ditiap Semester
Dengan fasilitas ini, mahasiswa yang akan aktif terlebih dahulu diferifikasi oleh sistem. Hal ini akan mempermudah bagian akademik untuk pendataan status mahasiswa. Pe-non aktifan status mahasiswa, Cuti, Pindah, Keluar Dapat ditangani oleh fitur ini.
Sistem informasi akademik online - Penentuan status mahasiswa pada semester tertentu
5. Pengelolaan Data Dosen dan Karyawan
Data dosen yang ada, akan diinputkan kedalam sistem ini, untuk selanjutnya akan dikelola oleh administrator sistem.
sistem informasi akademik kampus online - kelola data dosen dan karyawan
6. Penjadwalan dan Penentuan Dosen Pengampu Matakuliah
Pada fitur ini penjadwalan dan penentuan dosen ampu matakulian ini, matakuliah yang berjalan akan diatur siapa dosen yang akan mengampunya. Jadi dosen tertentu dapat diketahui matakuliah apa saja yang diampunya.
SIAKAD - Fitur Penjadwalan
7. Pengelolaan Data Mahasiswa
Data seluruh mahasiswa dapat dikelola melalui fitur pengelolaan data mahasiswa ini. Data mahasiswa dapat dikelompokkan berdasarkan kategori-kategori tertentu. Diantaranya dikelompokkan berdasarkan PRODI, Tahun Angkatan, Kota asal, dsb.
SIAKAD - Fitur pengelolaan data mahasiswa
8. Input Nilai
Dosen pengampu matakuliah dapat melakukan input nilai matakuliah dengan login ke sistem terlebih dahulu. Selain dosen pengampu matakuliah, administrator akademik juga dapat menggunakan fitur input nilai matakuliah ini.
Fitur Input nilai oleh dosen
9. Pengelolaan Data Kurikulum
Semua data kurikulum dapat dilihat disini. Administrator juga dapat menambahkan data kurikulum jika dibutuhkan.
10. Pengelolaan Data PRODI / Jurusan
Data-data yang berhubungan dengan PRODI dapat dikelola dengan menggunakan fasilitas ini.
Fitur pengelolaan data prodi
11. Ekspor ke Epsbed (PDPT)
Pada fitur ini, user dapat mengekspor data ke format epsbed atau PDPT yang nantinya akan dilaporkan ke pusat. Fitur ini hanya ada pada pemesanan pake advance saja (namun sekarang masih dalam pengembangan).
Fitur Ekspor data ke format Epsbed dan PDPT
12. Dan masih banyak lagi fitur yang disediakan.
Contoh Bentuk Laporan Kartu Rencana Studi
Sistem Informasi Akademik Menggunakan PHP
B. Sistem Informasi Penjualan Online
TOKOPEDIA (Penjualan Berbasis Online)
Analisis Sistem Informasi pada Tokopedia. Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil dan brand untuk membuka dan mengelola toko online.
Tokopedia.com yang merupakan website bisnis online ini banyak menyimpan fakta-fakta unik yang perlu Anda ketahui agar lebih mengenal lagi website yang satu ini.
1. Toko online ini didirikan oleh dua orang asli Indonesia yang bernama Leontinus Alpha Edison dan juga Willian Tanuwijaya pada tahun 2009 tepatnya pada hari kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 2009.
2. Modal awal untuk mendirikan toko online ini sebesar 2,5 milyar yang diberikan oleh PT Indonusa Dwitama yang merupakan perusahaan multinasional Indonesia.
3. Baru enam bulan tokopedia sudah mempunyai 23.000 anggota yang aktif, mempunyai 2500 toko online didalamnya dan menawarkan produk sebanyak 42000 dalam bentuk barang dan juga jasa. Total transaksi di enam bulan pertama juga sudah sangat menakjubkan, yaitu mencapai 1 miliar.
4. Produk yang paling murah yang dijual di website ini berupa kertas kado yang mempunyai harga 999 rupiah.
5. Satu barang yang terjual pertama kali di toko online ini adalah berupa kaos putih ukuran S untuk pria dan barang pertama yang paling mahal terjual yaitu Onyx Box 60 seharga Rp 3.700.000.
6. Sekarang ini tokopedia sudah mempunyai kantor yang sangat nyaman di daerah Jakarta. Kantor ini tidak hanya untuk operasional saja tapi juga terdapat beberapa toko yang ada didalamnya.
Fitur – fitur yang ada di tokopedia pun terbilang cukup lengkap, yakni :
• Tiket Kereta Api
• BPJS
• Listrik PLN
• Air PDAM
• TokoCash
• Pulsa
• Telkom
• TV Kabel
• Angsuran Kredit
• Donasi
• Voucher Game
• Paket Data
• Pascabayar
• Saldo Tokopedia
• Gas PGN
• Streaming
• Gift Card
• Hiburan
• Roaming
• Pasang TV Kabel
• Pajak
Pengembangan sebuah perusahaan tidak terlepas dari adanya 4 komponen utama sistem informasi, yakni:
• Transaction Process System,
• Management Information System,
• Decision Support System, danManagement Information System
• Executive Information System.
Dalam case study tokopedia.com, berikut ini merupakan analisis sistem informasinya :
1. Transaction Process System
Transaction Process System adalah sistem informasi yang mengatur segala bentuk proses transaksi antara pemilik perusahaan dengan target konsumen. Biasanya, dalam sebuah perusahaan, digunakan customer support atau kasir atau karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tersebut.Pada tokopedia.com, Transaction Process terdapat pada aplikasi dari tokopedia apps yang berinteraksi langsung dengan penggunanya dengan beberapa fitur-fitur yang ditawarkan untuk dibuatkan transaksinya. Sementara sistem dari Transaction Process di handle oleh customer service, yang bertugas menangan masalah dari customer dan merupakan pihak yang akan berinteraksi langsung dengan customer.
2. Management Information System
Management Information System adalah sistem informasi yang menyediakan / memberikan laporan detail kepada pihak manajemen. Laporan ini berguna untuk efisiensi dalam Transaction Process System.Di tokopedia, Management Information System terdapat pada laporan data dari Customer Service kepada atasan bidang atau supervisor. Laporan yang dikeluarkan dapat berupa statistik dan data pemesanan selama kurun waktu tertentu atau kinerja/review dari karyawan karyawan yang ada.
3. Decision Support System
Decision Support System ialah sistem informasi yang menggunakan data khusus yang mendukung Executive Support System (EIS) dalam pengambilan sebuah keputusan untuk meningkatkan efisiensi dari perusahaan.Decision Support System pada tokopedia.com menggunakan data khusus yang didapatkan dari pengumpulan data untuk memberikan saran keputusan berupa ekspansi produk, penambahan fitur fitur / layanan dan atau tentang kerjasama dengan mitra penjual yang berada di tokopedia.
4. Executive Information SystemExecutive Information System adalah bagian tingkat tertinggi dari sistem informasi suatu perusahaan yang berperan pada pembuatan kebijakan baru, mengesahkan kebijakan baru, serta mengeksekusi kebijakan tersebut.
Di tokopedia, Komisaris Utama merupakan bagian dari Executive Information System. Sesuai tugasnya sebagai pembuat kebijakan, dan Pendorong terlaksananya implementasi good corporate govermence.
Selain penjelasan penjelasan diatas, tokopedia juga memiliki fitur diantaranya seperti :
1. Gold Merchant
Gold Merchant merupakan fitur berbayar yang bisa memberikan kemudahan untuk penjual dalam mengelola toko. Fasilitas tambahan yang ada pada Gold Merchant diantaranya yaitu penghitungan kurs dollar, penambahan admin untuk kelola toko, informasi toko fisik pada katalog, dan masih banyak lagi.
2. Statistik Toko
Statistik Toko adalah sarana bagi para penjual untuk mengetahui informasi serta statistik tentang transaksi, produk, dan pembeli. Informasi ini bisa Anda gunakan untuk mengatur strategi peningkatan penjualan.Statistik Toko memiliki filter tanggal (date range) pada bagian kanan atas Dashboard, sehingga Anda dapat mengatur periode data statistik yang ingin dilihat.
Referensi :
• https://vccmurah.net/blog/apa-itu-tokopedia-cara-daftar-tokopedia/
• https://www.tokopedia.com/bantuan/115000139643-statistik-toko/
• https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia
• http://kamuiyakamu.com/teknologi/tips-dan-tutorial/apa-itu-tokopedia-dan-apakah-belanja-di-tokopedia-com-aman-dari-penipuan/
C. Sistem Informasi Pelayanan Publik Berbasis Android
Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Publik Intelkam Polres Hulu Sungai Selatan Berbasis Android
Pada pelayanan SKCK, STTP dan Surat Izin Keramaian waktu pembuatan tidak sesuai dengan SOP yang ditetapkan oleh Satuan Intelkam Kepolisian, informasi persyaratan hanya ada disatuan intelkam saja, jadi pemohon harus berulang kali datang ke satuan intelkam untuk melengkapi persyaratan karena belum mengetahui informasi persyaratan.Selanjutnya database yang terpisah antara Intelkam dan Reskrim, petugas harus menanyakan tentang catatan kriminal si pemohon pada bagian satuan Reskirm untuk proses penerbitan SKCK.
Untuk mengatasi masalah tersebut diadakan penelitian dengan tujuan untuk membuat aplikasi sistem administrasi pelayanan publik pada Intelkam Polres Hulu Sungai Selatan menggunakan pemprograman PHP, menggunakan MySQL sebagai databasenya, metode pemilihan sampel, sampel datanya : data standar pelayanan administrasi Intelkam, persyaratan adminstrasi pelayanan publik, data observasi standar pelayanan kepada pemohon, data catatan kriminal, data Rekapitulasi SKCK, data Rekapitulasi STTP dan data Rekapitulasi Surat Izin keramaian, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem informasi administrasi pelayanan publik yang digunakan di Satuan Intelkam Polres Hulu Sungai Selatan untuk mempercepat pendataan, pencarian data, pembuatan SKCK, STTP dan Surat Izin Keramaian. Serta masyarakat mengetahui informasi persyaratannya dan bisa mengakses dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini menghasilkan cetak SKCK, cetak STTP, cetak Surat izin keramaian, laporan rekapitulasi SKCK, laporan rekapitulasi STTP, laporan rekapitulasi surat izin keramaian, dan laporan catatan kriminal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar